Merancang Baju Gamis Sendiri, Lebih seru, lebih sesuai, dan lebih Membanggakan!

Jika Anda memiliki keinginan untuk merancang baju gamis sendiri, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan. Merancang gamis untuk tampil beda ketika merayakan Lebaran memang menjadi keinginan banyak orang. Tampil dengan rancangan sendiri akan membuat baju yang Anda kenakan saat Lebaran tidak pasaran. Berbeda dengan baju gamis yang beli di pasaran, bisa jadi baju gamis Anda ternyata sama dengan saudara Anda. Nah, tentu Anda tidak ingin hal semacam ini terjadi, bukan? Jika begitu Anda bisa merancang sendiri baju Lebaran Anda sesuai dengan keinginan Anda. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda pertimbangan.

Contoh gamis jahitan sendiri

Merancang baju gamis sendiri, kenapa tidak?

Pilih Bahan yang Tepat!

Jika Anda ingin merancang baju Lebaran sendiri, usahakan Anda memilih bahan yang tepat. Tepat dalam hal ini berarti terasa nyaman ketika Anda mengenakan baju Lebaran rancangan Anda. Tingkat kenyamanan Anda salah satunya bergantung pada bahan yang Anda pilih. Pilihlah bahan yang mudah menyerap keringat seperti jersey, katun, dan lain sebagainya.

Menjahit kebaya

Bila Anda ingin mengombinasikan bahan, Anda juga harus mempertimbangkan bahan yang tepat. Jangan sampai Anda asal memilih bahan. Misalnya saja Anda bisa mengombinasikan bahan jersey dengan satin, sifon, dan lain sebagainya. Mencari kombinasi bahan yang tepat melalui majalah fashion atau internet juga perlu Anda lakukan untuk mendapatkan referensi yang tepat untuk memadukan bahan yang satu dengan bahan yang lainnya.

Merancang baju gamis sendiri

Pilih Warna yang Sesuai!

Warna yang sesuai juga perlu Anda pertimbangkan jika ingin merancang baju Lebaran sendiri. Sesuai dalam hal ini berarti sesuai juga dengan warna kulit Anda dan usia Anda. Warna yang lebih cocok untuk orang dewasa adalah warna yang kalem seperti warna ungu muda, coklat susu, dan lain sebagainya. Usahakan Anda tidak memilih warna yang terlalu mencolok karena akan menarik perhatian banyak orang dan bisa saja bukannya terkesan cantik saat Lebaran malah terlihat norak saat Lebaran. Anda bisa juga mengombinasikan warna lain untuk desain baju Lebaran Anda.

Pola baju Muslim Gamis

Sesuaikan Ukuran dengan Bentuk Badan!

Bagi Anda yang telah merancang baju gamis sendiri, tetapi tidak bisa menjahit sendiri, Anda bisa menyerahkan masalah ini kepada penjahit pilihan Anda. Anda bisa meminta penjahit tersebut untuk mengukur tubuh Anda. Jika Anda memiliki bentuk tubuh ideal, Anda bisa meminta ukuran yang sesuai dengan ukuran tubuh Anda. Tapi bagi Anda yang memiliki bentuk tubuh lebih besar, Anda jangan melakukan hal yang sama. Sebaiknya Anda meminta ukuran Anda ditambah sedikit agar Anda merasa nyaman dan longgar. Jika perlu mintalah karet pinggang untuk baju Lebaran Anda. Tujuannya agar Anda bisa merasa nyaman karena pinggang di karet ini bentuknya elastis menyesuaikan bentuk tubuh Anda tapi tidak membuat Anda merasa kesempitan.

Hindari Menjahitkan Baju di Bulan Ramadhan!

Langkah ini juga tidak bisa Anda sepelekan begitu saja, Anda sudah seharusnya mempertimbangkan hal ini sejak awal Anda berniat merancang baju gamis sendiri. Terlebih lagi bagi Anda yang tidak bisa menjahit baju sendiri. Penjahit memang banyak, tetapi jika Anda salah memilih waktu yang tepat untuk menjahitkan baju Anda ke penjahit, bisa jadi baju Lebaran yang telah Anda rencanakan tidak sesuai rencana Anda karena tidak bisa selesai tepat waktu. Jadi waktu yang tepat adalah menjahitkan baju Anda sebelum memasuki bulan Ramadhan, sekitar 3-4 bulan sebelumnya.