Mengenali Bahan, Jenis, dan Motif untuk Pembuatan Baju Gamis Muslim Brokat

Tren gamis kali ini berdampak pada semakin berkembangnya motif dan model yang beredar di pasaran. Salah satunya yakni baju gamis Muslim brokat. Tren gamis yang satu ini mendapat respon positif dari masyarakat. Tahukah Anda ciri khas dari gamis brokat? Berikut ulasan singkatnya.

Baju gamis Muslim brokat terbaru

Baju gamis Muslim brokat terbaru

Tentang baju gamis Muslim brokat

Bahan Gamis, bahan yang digunakan untuk membuat gamis tentunya beragam, bergantung selera Anda ingin gamis yang bagaimana. Biasanya brokat dikombinasikan dengan gamis yang terbuat dari bahan satin, namun tak menutup kemungkinan jika brokat juga dapat dikombinasikan dengan gamis bahan lain, seperti misalnya bahan spandek. Biasanya brokat memiliki motif yang rumit, misalnya dedaunan, bunga, atau seni alam lainnya. Hal ini dimaksudkan agar gamis yang dikombinasikan dengan brokat akan terlihat elegan.

Baju gamis Muslim brokat

Baju gamis Muslim brokat

Sebenarnya brokat tidak dapat digunakan langsung untuk membuat gamis karena tekstur yang dimilikinya terkesan kaku dan membuat si pemakai tidak nyaman ketika mengenakannya. Maka dari itu para produsen memanfaatkan brokat sebagai hiasan pada gamis yang telah berlapis bahan lain, misalnya spandek atau satin.

Baju gamis Muslimah brokat

Baju gamis Muslimah brokat

Jenis Kain Brokat

Seperti halnya jenis bahan lain, brokat juga memiliki beragam jenis, diantaranya yaitu:

Brokat Perancis

Kain brokat yang populer di tahun 1760 ini juga memiliki ciri khas tersendiri yakni teksturnya yang cenderung lebih rapat sehingga tidak membutuhkan kain pelapis atau dalaman. Meski begitu brokat yang satu ini tetap disukai oleh peminatnya.

Baju gamis wanita Muslim brokat

Baju gamis wanita Muslim brokat

Brokat Varanasi

Brokat yang satu ini berasal dari negara India, ciri khas yang dimiliki oleh brokat ini yaitu proses pembuatannya yang menggunakan kain sutra berwarna serta benang emas sehingga menarik minat para konsumen.

Brokat Awan Nanking

Ternyata di negara Cina juga memiliki brokat khas tersendiri. Brokat dari negara ini memiliki tekstur yang halus, motifnya seperti awan dengan desain kain yang dibuat longgar.

Ciri-Ciri Kain Brokat

Nah, setelah Anda mengenal jenis kain brokat, kini saatnya Anda mengetahui ciri-ciri brokat. Berikut pemaparannya.

Brokat biasanya memiliki motif yang rumit seperti motif dedaunan, bunga, maupun motif rumit lainnya. Hal ini agar brokat terlihat elegan ketika dikombinasikan dengan bahan pelapisnya.

Brokat memiliki tekstur yang kaku sehingga tidak cocok ketika digunakan tanpa kain pelapis.

Kini gamis brokat hadir dengan desain dan motif trendi yang banyak diminati para konsumen. Dengan sengaja, para produsen memproduksi dengan desain terbaru agar lebih menarik minat para konsumen. Tak kalah dengan gamis motif lainnya, gamis yang satu ini juga telah memiliki peminatnya sendiri. Hal ini terbukti dengan semakin bertambahnya jumlah permintaan kepada produsen hingga membuat para produsen kewalahan menanganinya.

Kaum hawa khususnya para remaja menyukai gamis yang satu ini karena ciri khas dari brokat itu sendiri. Tampilan brokat yang memiliki kerumitan pada desainnya merupakan salah satu aset yang berharga bagi gamis ini. Biasanya baju gamis Muslim brokat dikombinasikan dengan cardigan panjang atau kerudung polos sebagai pelengkapnya. Hal semacam ini mendapat respon yang positif dari para konsumen. Mereka selalu menunggu desain dan motif terbaru dari gamis yang satu ini. Sebelum Anda membeli gamis yang satu ini, ada baiknya jika Anda periksa terlebih dahulu bahan pelapis dan motifnya, hal ini dimaksudkan agar Anda tidak kecewa ketika mengenakannya. Karena kini telah beredar gamis dengan bahan pelapis yang panas ketika dipakai.