Mengenal Beragam Jenis Kain dan Gamis Katun Jepang

Kain merupakan bahan utama untuk membuat sebuah pakaian. Tahukah Anda ada berapa macam jenis kain yang tersedia untuk membuat pakaian seperti gamis misalnya? Jawabannya banyak, tidak hanya kain katun jepang yang biasanya digunakan untuk pembuatan gamis dan disebut dengan gamis katun jepang. Berikut ini penjelasannya secara mendalam mengenai bahan-bahan kain.

Busana Muslim gamis katun Jepang

Gamis katun Jepang dan serba-serbinya

Bahan Spandek atau Lycra

Bahan spandek memiliki tekstur elastis dan kuat. Bahan ini juga memiliki ketahanan terhadap gosokan yang tinggi, meskipun begitu bahan spandek juga dapat menyerap keringat. Bahan spandek biasa digunakan untuk pembuatan blouse dan kardigan.

Gamis Muslimah katun Jepang model terbaru

Bahan Chiffon

Bahan yang satu ini memiliki tekstur yang sangat lembut, transparan, dan jatuh ketika Anda pakai. Bahan ini biasa digunakan untuk pembuatan dress, jilbab, dan beberapa model pakaian lain.

Model gamis Muslimah katun Jepang

Bahan Katun

Bahan katun terbuat dari serat kapas yang ringan namun memiliki ketahanan yang kuat. Kelebihan dari bahan ini yakni sifatnya yang dapat menyerap keringat dan tidak kisut ketika dicuci. Biasanya bahan ini digunakan untuk kaos distro karena mudah untuk disablon. Katun sendiri memiliki beragam jenis, seperti berikut ini.

Gamis Katun Jepang

Aneka Jenis Bahan Katun

Jika katun biasa memiliki tekstur yang agak kaku, harga jualnya sangat murah dari jenis katun lain. Katun lainnya berbeda. Katun silk misalnya, katun ini memiliki permukaan yang mengkilap, meskipun telah dicuci tetap tidak mempengaruhi kilap dari bahan ini. Sayangnya katun silk kurang dapat menyerap keringat. Jenis lainnya adalah katun jepang yang memiliki daya serap keringat tinggi dan permukaan kain yang lebih halus daripada katun jenis lain. Harga yang ditawarkan memang lebih mahal, namun harga tersebut memang sebanding dengan kualitasnya. Agar Anda dapat mengetahui jika bahan katun jepang tersebut itu asli atau tidak, Anda perlu membaca ciri-ciri bahan katun jepang asli berikut ini.

  • Katun jepang asli terbuat dari serat katun combed murni 95-100%
  • Memiliki daya serap keringat yang lebih bagus
  • Permukaan kain katun jepang asli lebih halus dibanding katun yang lain
  • Warna yang ditampilkan glossy atau mengkilap dan tidak mudah luntur. Warna gamis dengan bahan katun jepang lebih awet dan tahan lama
  • Umumnya katun jepang asli memiliki ciri khas tersendiri yakni terdapat tulisan “Japan Design” atau kode warna tertentu pada ujung kain tersebut, jadi Anda dapat dengan mudah mengetahui bahan kain tersebut

Bahan katun jepang biasanya digunakan untuk pembuatan baju, rok, maupun gamis katun jepang. Kini telah banyak orang yang lebih memilih gamis, maka dari itu kini industri konveksi memanfaatkan kain katun jepang sebagai bahan pembuat gamis. Faktanya para konsumen banyak yang menyukai gamis berbahan katun jepang daripada katun lainnya. Alasannya tentu karena kenyamanan bahannya. Bahan pakaian memang merupakan salah satu aset untuk meraup keuntungan dalam berbisnis pakaian.

Kini Anda dapat menjumpai pakaian yang berbahan dasar kain katun jepang dimana saja, karena kain yang satu ini sudah banyak tersebar di penjuru tanah air. Sengaja produsen memproduksi pakaian yang terbuat dari katun jepang yang relatif banyak, hal ini sesuai dengan permintaan pasar. Nah, apakah Anda juga akan beralih ke gamis katun jepang? Jika iya, maka Anda juga harus teliti dalam membeli karena Anda nanti akan menemukan bahan katun jepang KW alias produk tiruan.